wara-wiri

kalo oshin salah kata gitu. maafin aja yah. namanya juga masih kecil :P

Rabu, 20 Juli 2011

trik meningkatkan IP

mahasiswa mana sih yang gak ingin dapet IP CUM LAUDE ??
pastinya semua mahasiswa pengen dum, dan tentunya IP tinggi bisa membantu kita meraih pekerjaan yang kita impikan. Ip tinggi dan meraih CUM LAUDE bukan hal sulit kok, namun jangan diremehkan lho. ada trik-trik khusus buat kamu, para mahasiswa, yang ingin memiliki nilai CUM LAUDE.

1. Rajin masuk kelas.
masuk kelas itu penting lho, selain kita bisa lebih kenal dengan karakter dosen, kita juga bisa dapet ilmu langsung dari sumbernya a.k.a dosen. belajar secara face to face bisa membebaskan kita untuk bertanya jawab dan berdiskusi tentang mata kuliah. kalo ada hal-hal yang gak kita ngerti kan bisa langsung tanya ke empunya ilmu, ya gak sih? selain itu kehadiran di dalam kelas bisa mempengaruhi reputasi kita dimata dosen, dengan seringnya kita masuk kuliah, dan memperhatikannya, dosen bisa menilai keseriusan kita dalam memperdalam ilmu yang diberikannya.

2. duduk di barisan depan
banyak mahasiswa yang minder, artinya lebih memilih duduk di posisi yang PW alias posisi uwenak, yaitu di belakang atau ditengah, padahal cobaan yang akan diterima kita ketika duduk di posisi belakang dan tengah itu suka bikin kita jadi kurang konsentrasi atau fokus. lebih baik duduk di posisi depan, selain kita bisa fokus dan konsentrasi yang memudahkan kita dalam memahami mata kuliah, kita juga bisa dikenal dosen soalnya nih, kita bisa face to face langsung sama dosen.

3. cintai mata kuliah yang kita ambil
untuk yang satu ini penting lho. banyak orang melakukan apapun demu cinda, dan kecenderungan seseorang tertarik pada sesuatu itu juga disebabkan oleh cinta. so, mulai deh dari sekarang kita mencintai mata kuliah. usahakan jangan mengeluh, mengeluh bukan lah solusi tapi malah menambah beban kita untuk sulit mencintai mata kuliah tersebut. memang berat sih, apa lagi yang udah terlanjur ngerasa salah jurusan,tapi dengan sedikit-demi sedikit mencintai mata kuliah tersebut, dengan cara-cara yang kamu suka so, akan lebih mudah kita untuk menerima ilmu dari mata kuliah yang kita ambil.

4.catat poin-poin penting
mencatat poin-poin penting selama mata kuliah itu penting lho. berdasarkan penelitian, otak kita tidak akan menyimpan informasi singkat dalam waktu lama, maka dengan mencatat poin-poin penting selama perkuliahan dapat membantu kita untuk mengingat. selain mencatat, jangan lupa untuk mereview kembali catatan tersebut setiap minggu agar materi tersebut bisa melekat di dalam ingatan kita, dan ketika ujian nanti kita jadi gak keteteran belajar alias SKS, sistem kebut semalam.

5.Mambina hubungan baik dengan dosen
membina hubungan baik dengan dosen dimaksudkan untuk mempermudah akses kita lebih mudah ke mereka. bukan berarti menjilat juga yah. membina hubungan yang baik dengan dosen membuat image kita jadi lebih baik dengannya dan lebih terasa dekat dengan nya.

6.membaca buku
mahasiswa jangan males baca buku. buku itu sumber ilmu. carilah buku yang sesuai dengan jurusan kita atau mata kuliah yang kita ambil, membacanya dan membuat garis besar atau poin-poin penting. jadi kita bisa mendapatkan informasi penting yang mungkin saja belum di dapatkan dari dosen.

7.berteman dengan mahasiswa cerdas
ada pepatah yang mengatakan kalo kita berteman dengan tukang minyak wangi maka kita akan ketularan wanginya. berteman dan bekerjasama dengan orang cerdas itu perlu, karena bisa menjaadi tutor sebaya untuk kita.

8.jangan begadang
hal yang perlu dilakukan sebelum ujian atau adalah istirahat yang cukup, dan makan yang teratur. meskipun memiliki niat baik dengan belajar sampe malam, begadang, bukannya kita malah bertambah ilmu, kita akan merasa kelelahan. kondisi badan yang kelelahan dapat membuat kita tidak konsentrasi, dan nantinya kita tidak bisa menghadapi ujian dengan kondisi yang kurang prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar