wara-wiri

kalo oshin salah kata gitu. maafin aja yah. namanya juga masih kecil :P

Rabu, 17 Maret 2010

BIDADARI SABTU

Assalam kawan, hari ini ada mentoring jam 10 pagi di masjid smavo. Jangan pada ngaret. Jarkom. Makasi. Walaikumalam
.


Ku pandangi lekat-lekat SMS itu. Malas, malas, dan hanya malas yang ada di otak ini. Sejak terakhir kali mentoring di kelas 10 aku sudah tidak terlalu berminat ikut mentoring kecuali karena terpaksa. Nilai agama islam bisa jeblok kalo tidak ikut mentoring dan kalau samapai jeblok otomatis bisa-bisa aku tidak naik kelas.
Kakak mentoringku gak pernah datang mentoring. Akhirnya sejak itu, kelas 10-4 vakum dari mentoring. Isu-isunya sih, kakak mentoring kami kerja di Depok jadi gak ada waktu untuk ngisi mentoring untuk kami.

Kami- anak didiknya- malah seneng, bukannya munafik, mentoring itu salah satu paksaan yang menurutku agak menyusahkan, pasalnya kalau kita gak ikut mentoring nanti seperti apa yang ku bilang tadi, sangat amat menyusahkan. Memang sih, mentoring itu baik, tapi tetep aja males, mungkin ini alasannya kenapa mentoring jadi bahan wajib untuk pelajaran agama. Tapi sekali lagi. Males gak ilang-ilang.
Ku pandangi lagi SMS dari temenku yang udah jilbaber sejak SMP itu. Kalau dia sih lain lagi ceritanya sama aku. Dia rajin banget mentoring. Dia juga aktif di Rohis, gak kaya aku yang modal dateng pas ada acara aje. Hehehe. Piz nak rohis .
Jam dinding di ruang tipi udah nunjukin angka 9, waktu yang aku punya tinggal 1 jam lagi, padahal aku belum mandi, belum makan, belum beresin kamar, belum selesai nonton kartun di tipi. Wuft, desahanku menggema, and adik kecil ku yang ada di samping langsung tutup idung. Hehe, kebauan kali dia. Biar pun males-malesan aku langsung bangun dari posisi pewe, ke kamar, ambil anduk, terus langsung cabut ke kamar mandi. Jebar-jebur sambil nyanyi, mulai dari lagu Naruto yang identik semanagat sambil terak-terak, bodoamat masalah bener atau salahnya, sampe nyanyi lagu Josh Groban yang super mellow, ceritanya pengen jadi orang jepang yang bisa nyanyi di opera-opera gitu deuh. Selesai mandi langsung kabur ke kamar, pilih-pilih baju yang cocok buat mentoring dan taraaa…. Wow ternyata waktuku tinggal 10 menit lagi, 10 menit lagi menuju jam 10 tepat.

Tapi masih santai, sumpah, masih sempet-sempetnya diri di depan tipi ketawa-ketiwi ngeliat kartun lucu, terus jalan santai ke dapur, makan pelan-pelan sambil ketawa-ketiwi. Dalem hati mikir ah palingan anak-anak yang laen pada ngaret juga, yang paling pagi datang palingan anak-anak jilbaber. Minta duit sama si mamih, terus cipika-cipiki juga sama si mamih and gak lupa salim sama si papih. Terus berengkat deuh.

Hari yang paling aku sukai itu hari kamis, sama sabtu, gak tau deh kok rasanya beda gitu udaranya. Seger, langitnya juga cerah, ceria, pokoknya hari-hari itu paling enak buat santai sama temen-temen atau keluarga, tapi sayang aku agak terpaksa harus mentoring ya meski pas udah ketemu temen-temen di sekolah rasa terpaksanya ilang jadi seneng.

Sepanjang jalan dari rumah sampai gapura perumahan di depan itu menghabiskan waktu 15 menit, aku sih cuek. Kerudung putih yang kupakai terkibas-kibas, angin hari sabtu biar suka jail tapi tetep aja rasanya beda. Dan angkot pertama yang ku pake untuk sampe ke smavo –singkatan nama SMA ku ( sma favorit gitu  )- bernomor 05. Lumayan lama juga kalau di itung waktunya butuh 25 menitan, biasalah masalah angkot, kalo gak ngetem, jalan lambreta alias aluama -20m/jam-. Habis naik 05, naik 35, terus di lanjutin angkot 32.

Kawan mau tau apa yang aku suka dari cibinong, langitnya, udaranya, airnya, dan jalanannya. Seolah semuanya itu berbeda. Jalan perempatan lampu merah aja kalau sekitar jam 6 pagi bisa berubah suasananya kaya di luar negeri, sumpah, mungkin itu cuman aku yang ngerasain tapi beneran deh, coba aja sendiri.
SMS masuk lagi ke Hp tersayang. Isinya Cuma nanyain mentoring gak, langsung aja aku jawab iya, pas liat jam di Hp aku Cuma bisa nyengir-nyengir, terang aja jam di Hp ngajakin aku ketawa sih, dia tuh seolah ngeledikin aku, kalo aku udah terjerumus pasa kebudayaan pesakitan manusia Indonesia yang selalu molor.
Turun angkot 32, aku harus nyebrang kalau mau ke smavo, liat kanan-kiri hati-hati, soalnya aku takut banget kalo nyebrang tuh. Jam di Hp nunjukin waktu jam 11 kurang. Aku sih santai. Jalan aja ke masjid, sambil mesem-mesem sama adek kelas, alumni atau sama yang seangkatan.

Terus masih dengan santai kaya orang gak punya dosa, pas masuk masjid masih mesem-mesem terus di tegur sama temen jilbaber “salamnya mana?” masih mesem-mesem aku ngucapin salam. Dalem pikiran ngegerutu, tuh kan bener yang mentor Cuma 4 orang dari 20 orang, habisnya gak ada kakak mentoringnya sih. percaya deh, kalau gak ada yang ngawasin kerjaan apapun gak bakalan bener deh. Jadi dari tadi aku sih santai aja, karena udah tahu hal ini kan terjadi –bukan aku ngambil job Mama lorent loh-. Habis ngucapin salam langsung ikutan tilawah, karena aku dateng paling telat jadi aku dihukum harus ngisi kultum. Selesai kultum di tutup deh mentoringnya. Terus kami biasa memilih kantin untuk cemal-cemil setelah mentoring.

Ya, begitulah nasib mentoring putri kelas10-4. selama gak ada kakak mentoringnya –meski ada pun masih pada males-malesan- kelas kami akan begini terus, paling banyak yang masih setia mentoring tanpa kakak mantoringnya tuh Cuma 4 orang.
Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan, sampe kemi naik ke kelas 11 mentoring kami masih fakum loh, dan yang setia mentoring dari 4 orang makin menurun jadi 3 orang. Tapi rupanya masa-masa vakum itu akan berakhir kawan-kawan, jadi salah satu jilbaber yang biasa di panggil Utha itu gak bisa membiarkan hal ini terjadi bo, hatinya itu suka resah nan gelisah, ia sering berduka lara, lalu dengan tekat baja dan semangat membara, dengan segala daya dan upaya, ia berusaha bercengkrama dengan kakak alumni supaya di carikan kakak mentoring untuk kelas kami, ia juga memeras keringat sebesar biji jangung hanya untuk mundar mandir nyari kakak mentoring. Di antara kami Cuma dia yang paling semangat mentoring, kalau yang lain sih santai aja, mungkin pada enak-enakan malah. Gak perlu menghabiskan waktu sabtu dengan mentoring yang sering bikin ngantuk itu.

Gak tau dari angin mana, tiba-tiba ada kabar cerah, Utha berhasil menggaet salah satu kakak jilbaber. Beliau bersedia jadi kakak mentoring kami. Akhirnya untuk perkenalan dengan beliau, kami, anak-anak alumni kelas 10-4, ngumpul di ruang seni rupa hari jumat.

Kesan pertama belum terpesona, aku sih acuh tak acuh, maksudnya biasa aja belum punya chemistry sama belau gitu. Waktu beliau nanya apa hobi ku, aku sih jawab aja, makan, minum, tidur. Hehehe. Baliau belum bisa membuka hati ku yang membatu. Setiap sabtu kami selalu bertemu, tapi belum punya getar-getar yang bikin hati ini kebat-kebit ketika bertemu beliau. Setiap mentoring aku selalu mendengarkan semua nasihatnya meski kadang suka ngantuk, di suruh tilawah aku tilawah, disuruh kultum ya aku kultum, disuruh jadi pembuka mentoring aku nurut. Mungkin karena niatnya kali yah yang bikin aku agak males-malesan sama mentoring. Karena terpaksa.
Dasar yang namanya batu, susah banget di pecahin, apa lagi di lumerin. Tapi dengan kepiawaian beliau, dengan lemah lembutnya, entah aku gak terlalu yakin, tapi hati ini merasa lain. Yang ku tahu, aku mulai sayang beliau. Sering ku perhatikan pakaiannya bak bidadari surga, ingin menirunya, tapi takut, aku belum berani, maksudnya aku terlampau sadar diri dengan keadaanku saat ini. Gak pantes orang urakan kaya aku pake baju seperti bidadari.

Beliau cantik, bukan hanya cantik wajah tapi cantik hati. Matanya teduh tapi tegas, dari matanya terlukis bahwa ia seorang wanita yang teguh memegang prinsipnya, bahasa gaulnya ‘komitment’, wajahnya tirus, pipinya gak chubby kaya aku, bibirnya merah alami tanpa olesan lip stik sama sekali. Yang paling aku suka darinya, senyum, kata-kata dan bau badannya. Ia juga lembut, dirinya yang berusaha tidak menyinggung kami lewat kata-katanya malah membuat ku jadi berfikir kalau beliau agak jaga jarak dengan kami. Tapi beneran deh, semakin aku dekat dengannya, mengenal karakternya, aku jadi makin suka dengannya.

Entah kenapa mentoring yang awalnya membosankan berubah jadi mengasyikkan. Kok aku merasa semakin sayang yah. Tapi tetep aja hati masih membatu masih susah berubah menuju jalan kebaikan. Hehehe.

Lama mentoring dengannya, aku semakin merasa dekat. Aku jadi tidak canggung untuk meledeknya, mengerjainya, aku sudah menganggapnya seperti kakak kandungku sendiri. Hati ini jadi semakin dekat dengannya. Dan niat ku untuk mentoring yang awalnya terpaksa berubah menjai suka rela. Setiap sabtu gak ketemu beliau rasanya kok kangen yah.

Tapi tentu layaknya persahabatan yang jalannya tak pernah mulus terus. Aku pun pernah melakukan kesalahan yang gak pernah aku lupain.
Aku memang punya hobi suka bikin orang kesel sama kejailanku. Mmm, kalau dihitung-hitung mungkin udah gak keitung lagi kali yah kejailan ku itu. Jadi begini ceritanya, awalnya sih aku dan Utha hanya menduga-dunga, kami berdua sudah seperti detektiv conan yang komiknya sering kami baca, mungkin karena saking keracunannya kami sedah sangat merasa kami detektiv beneran. Dugaan-demi dugaan, isu-demi isu, dan berdasarkan ilham wanita, kami mulai mencium gelagat aneh pada seorang alumni ikhwan. Dan masih menurut insting kami, beliau memendam cinta dengan kakak mentoring kami.

Lalu sifat jail ku keluar, dengan sok tau gelagat kurang ajar ku keluar, di depan Kak Agus –kakak alumni yang kalau bercanda itu suka tajem mulutnya- aku mengatakan kata yang gak kan pernah di lupain kakak mentoringku. Aku ngecengin beliau. Aku bilang beliau akan menikah dengan seorang alumni ikhwan yang sedang ngajarin mentoring di dalam masjid, ternyata nih kakak mentoring ikhwan yang ada di dalam masjid, yang sedang ngajarin mentoring Cuma ada ikhwan itu, ikhwan yang aku duga suka sama kakak mentoring ku.

Wow, dengan ekspresi di luar dugaan, dan untuk pertama kalinya beliau ngambek sama aku. Duh, orang yang aku sayang ngambek. Setahu aku beliau gak pernah ngambek, ya mungkin aku keterlaluan. Para akhwat dan ikhwan itu kan paling sensitive dengan urusan yang begituan. Aku minta maaf deh –padahal mah akhirnya beliau mau nikah sama ikhwan itu juga tanggal 6 maret depan, hebatkan ilham wanita itu, hehehe (ketawa bangga)  ♥♥- untungnya beliau itu sudah hafal karakterku yang suka cengegesan san gampang ngambekan, jadi beliau maafin aku deh..

Hari makin berganti, waktu memang cepat berlalu. Sekarang aku sudah lulus dari smavo, nialai rapot agama ku bagus, aku juga sudah tidak mentoring lagi di sana. Setelah lulus SMA aku melanjutkan ke perguruan tinggi, di sana juga ada mentoring, tapi setelah mengikutinya beberapa minggu kok rasanya beda ya. Kurang sreg di hati, pengennya mentoring sama kakak mentoring ku di SMA aja, sama baliau. Beliau sekarang sudah sibuk, ia bekerja menjadi pahlawan tanpa tanda jasa di salah satu SDIT di Depok.

Aku sangat merindukannya, tapi hati ini terlalu malu untuk menatap wajahnya. Aku juga rindu teman-teman seperjuangan di mentoring. Aku rindu suasana kebersamaan kami. Suasana yang jarang ku temui di perguruan tinggi.
Beliau dalah bidadari sabtu ku. Setiap sabtu kami dulu sering bertemu, bertukar pikiran, berargumen, ber opini, tertawa, bercanda, kadang setelah mentoring pun kami masih bersama, kami biasa ke kantin, makan mie goreng, ketawa lagi, ngobrol ini itu, curhat sambil nangis-nangis.
Ahh. . . beliau adalah wanita yang paling indah kedua setelah mamah. Beliau gak kan pernah aku lupa. Aku sangat menyayanginya. Bidadari sabtu itu adalah Kak Septi ku  ♥♥♥♥.

Di kamar, 20 februari 2010
Selamat ya kak walimahannya, nanti 4 tahun lagi Nindi InsyaAllah nyusul, doain ya kak  ♥♥♥♥.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar